Selasa, 17 Maret 2009

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Sebanyak 250 anak binaan Forum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan Kraton Yogyakarta – KB Komimo dan KB Tiara Chandra serta Kelompok PAUD Kuncup Mekar, Teratai dan Tiara Siwi – Minggu pagi (30/11) berjubel memenuhi halaman kantor BPPO Propinsi DIY Alun-alun Selatan Yogyakarta. Mereka datang dengan mengenakan seragam masing-masing, sehingga halaman itu bagaikan diselimuti pelangi yang indah.
Mereka dengan ceria berantusias mengikuti “Gebyar PAUD Kraton”. Dan kehadiran anak-anak yang rata-rata berusia 0 - 6 tahun ini juga mengikuti kegiatan cuci tangan bersama, lomba mewarnai dengan tema “Bersepeda Bersama Keluarga”, lomba kreativitas menari dan menyanyi, yang diadakan TP PKK Kecamatan Kraton. Kegiatan yang mengikutkan 43 Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Sejenis (SPS) yang tersebar di Kelurahan Kadipaten, Patehan dan Panembahan, merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK dan KB Kesehatan dan Hari Anak 2008.
“Anak merupakan harta karun yang sarat dengan bakat istimewa dan akan berkembang secara maksimal, jika kebutuhan tumbuh kembang anak yang mencakup gizi, kesehatan dan pendidikan terpenuhi dengan baik. Bila anak ditelantarkan atau kurang asupan gizi, perlindungan kesehatan dan stimulasi pendidikan, maka perkembangan kecerdasannya tidak akan optimal,” ungkap Ketua TP PKK Kraton Rumiyati Andhi Sasongko, SE dengan mantap.
Sementara itu, isteri Wakil Walikota Yogyakarta Hj Tri Kirana mengatakan, kebutuhan anak usia dini terhadap pendidikan sudah menjadi kebutuhan yang mutlak. Pendidikan pada anak usia dini, lanjutnya, juga mempunyai peran penting dalam pembentukan mental dan karakter anak. “Pada tingkat ini, pendidikan tidak ditekankan pada kecerdasan akademik, tetapi lebih pada pembentukan mental bocah. Dan PAUD penting bagi anak dan diharapkan semua anak bisa mendapatkan pendidikan tingkat ini,” katanya.
Pada kesempatan itu, ia menyampaikan kebanggaannya terhadap anak-anak usia dini di Kecamatan Kraton yang mulai belajar mandiri. Beliau berharap, kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut karena dapat membahagiakan anak-anak, memperkaya dan meneguhkan semangat kita untuk terus meningkatkan mutu pendidikan anak-anak usia dini. Beliau juga mengajak seluruh pihak untuk terus mengembangkan PAUD yang sudah cukup popular di tengah masyarakat Kota Yogyakarta ini.
Ia juga berterima kasih kepada para pendidik dan relawan dan juga kader PKK Kraton yang telah ikut membina anak-anak usia dini. “Saya sangat berterima kasih karena ini merupakan bentuk kepedualian masyarakat, ornag tua dan kader untuk membentuk generasi muda yang sehat, cerdas di masa yang akan datang,” ungkap isteri Wakil Walikota Yogyakarta, Hj Tri Kirana Muflidatun, SPsi.
Dalam rangka mengefektifkan kinerja kegiatan anak usia dini, di Kecamatan Kraton telah dibentuk Forum Komunikasi PAUD Periode 2008-2013, yang dilantik Hj Tri Kirana Muflidatun, SPsi. Sebagai Pelindung Camat Kraton, Penasihat: GKR Pembayun, Ketua TP PKK Kec. Kraton, Penilik PNF Kec. Kraton, Kepala Puskesmas Kec. Kraton, Kepala UPT/Kependudukan Kec. Kraton, Ketua: Ny Endang Mulatsih dan Siti Meisaroh, SPd, Sekretaris: Ny Made Widiasih, Dra Siti Banindiru, Ny Ari Parmawati, Bendahara: Ny Sukardi, Ny Sri Isnaeni Sugeng R. Koordinator Sie Pendidikan Dra Siti Hafsah Budi A, M.Si, Sie Humas Ny Retno Gunarwati dan Sie Usaha GBRAy Murdokusumo.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar